Pada hari senin tanggal 15 Juli 2019, PT Saraswanti Indo Genetech memberi dukungan untuk pelatihan legalitas produk yang diadakan oleh STP-IPB, STP-IPB atau Science Techno Park -IPB adalah suatu wadah inkubasi start up yang di sediakan IPB guna membantu pelaku usaha kecil (UKM) merintis usahanya mulai dari nol hingga bisa diterima pasar dan beredar. Pelatihan ini memberikan materi-materi yang dapat membantu para pelaku usaha UKM di bidang pangan dan kosmetik untuk mendapatkan izin edar dan sertifikat kelegalan sebuah produk. Sehingga setelah mendapatkan pelatihan ini para pelaku usaha tidak kesulitan untuk mendaftarkan produknya ke BPOM.

Foto 1. Foto team SIG bersama Pimpinan STP-IPB

 

Pelatihan di isi oleh ketua lokaPOM kab. Bogor. LokaPOM sendiri adalah sub BPOM yang ditempatkan di daerah-daerah untuk membantu pelaku-pelaku usaha dibidang pangan dan kosmetik untuk mengurus legalitas produknya dan melakukan pengawasan terhadap produk-produk pangan yang beredar di kawasan Bogor dan Depok. Adapun pengisi materi perwakilan dari LPOM MUI dan Materi-materi lain yang di isi oleh pelaku-pelaku UKM terdaftar tenant STP-IPB yang sudah memiliki nomer edar pada produknya, yaitu seperti dari CV. Madu Apiari Mutiara Yang selama pengurusan nomer edar tersebut dibantu oleh lab. Saraswanti. Lab Saraswanti mandapat satu sesi materi untuk menjelaskan tentang uji lab dan keamanan pangan yang di isi oleh Moch Fajar dan Wisnu Rahadian.

Foto 2. Foto peserta pelatihan legalitas produk

Peserta yang mengikuti pelatihan ini berjumlah 50 , yang merupakan tenant aktif dari STP-IPB dan pelaku-pelaku UKM yang telah memiliki produk minimal setahun sudah menjalani usahanya namun belum memlliki izin edar BPOM. Pelaku usaha tsb terdiri dari beberapa bidang seperti kopi, sayur dan buah, obat herbal, madu, kosmetik dan masih banyak lagi. Acara berlangsung dari jam 08.30-17.00 WIB, SIG juga membuka stand promosi untuk membantu para pelaku UKM ber-konsultasi produk dan keamanan pangan mereka. Diharapkan atas kerja sama SIG dan STP-IPB di event ini bisa memberi andil langsung untuk mendukung UKM- UKM yang berada di daerah Kota dan Kab Bogor juga Depok agar dapat berkembang menjadi pelaku usaha besar dan manaikan kualitas dan keamanan produk mereka.

Foto 3. Team SIG pada sesi uji lab dan keamanan pangan

Foto 4. Suasana pelatihan legalitas produk