Sampai saat ini perdebatan mengenai efek samping dari produk pangan yang mengandung GMO (Genetically Modified Organism) belumlah berakhir. Masih banyak sebagian masyarakat yang mempercayai bahwa produk pangan transgenik membawa pengaruh negatif, mulai dari segi etika, ekonomi, lingkungan, dan terutama kesehatan. Walaupun penolakan tersebut tidak terlalu ekstrim, masih banyak konsumen yang mengedepankan prinsip kehati-hatian saat mengkonsumsi produk pangan. Mereka menuntut pemberian informasi detil kandungan GMO pada produk pangan hasil rekayasa genetika yang beredar di pasaran.

Berangkat dari latar belakang tersebut, pihak produsen produk pangan berusaha memberikan informasi yang bisa diterima mengenai keamanan kandungan GMO pada produk pangan mereka. Hal ini berkaitan dengan pengkajian kemungkinan timbulnya perubahan–perubahan pada pangan, baik yang diinginkan maupun yang tidak diinginkan. Karena itu diperlukan informasi genetik dan keamanan pangan yang meliputi data dan informasi mengenai kesepadanan substansial, alergenitas, toksisitas dan gen penanda resistensi terhadap antibiotika serta metabolit.

Saat ini telah tersedia beberapa metode untuk mendeteksi pangan hasil rekayasa genetika. Deteksi pangan hasil rekayasa genetika dilakukan dengan dua pendekatan. Pertama dengan mendeteksi produk-produk yang dihasilkan oleh gen yang disisipkan, antara lain dengan mendeteksi protein, lemak, pati dan zat-zat metabolit lain yang dihasilkan oleh gen sisipan. Pendekatan kedua dilakukan dengan mendeteksi keberadaan gen sisipan itu sendiri. Cara ini dilakukan dengan teknik PCR dan Elektroforesis DNA, yang merupakan metode yang resmi dilakukan oleh negara-negara Eropa untuk membuktikan pangan hasil rekayasa genetika secara kualitatif. Kedua pendekatan ini bisa dikombinasikan dengan teknik analisis lain, agar keberadaan pangan hasil rekayasa genetika dapat ditentukan secara kuantitatif.

SIG Laboratory menawarkan analisa GMO (Genetically Modified Organism) secara kualitatif maupun kuantitatif untuk bisa membantu memberikan informasi yang relevan pada konsumen mengenai kandungan GMO pada produk pangan transgenik. Kunjungi Laboratorium kami di Graha SIG, Jl. Rasamala No. 20 Taman Yasmin-Bogor, Jawa Barat. Kami juga menawarkan pengambilan sample serta pengiriman hasil analisa secara cuma-cuma. Hubungi Customer Service kami di Phone: 0251 – 7532348 (Hunting). Fax: 0251-7540927. Email: marketing-sig@saraswanti.com.  Kami selalu siap membantu anda..